Latar Belakang

Menjadi seorang penuntut ilmu dalam Islam merupakan sebuah kemuliaan yang sangat besar. Karena seorang manusia akan diangkat derajatnya bila dia semakin berilmu dan mengamalkan ilmunya. Dan semulia-mulia ilmu pengetahuan adalah ilmu agama, ilmu tentang agama Islam dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ketika telah menyandang julukan sebagai penuntut ilmu agama, maka kebaikan-kebaikan akan menghampiri sedikit demi sedikit. Kebaikan ketika mempelajari dan mengamalkan tentang ilmu agama tidak hanya berdampak pada kebaikan akhirat saja, melainkan kebaikan dunia yang secara umum dalam hal apa saja. Dan kebaikan terbesar ketika telah menuntut ilmu agama yaitu jalan dan fikiran akan lebih terarah, karena telah mempelajari pedoman hidup ummat manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan memahamkannya dengan ilmu agama[HR. Bukhari dan Muslim]

Untuk mencapai kondisi itu, diperlukan suatu usaha dengan memanfaatkan peluang yang ada, agar menghasilkan seorang muslim yang berkeinginan kuat menuntut ilmu agama dan juga sebagai insan yang bekerja secara terarah berdasarkan Al qur’an dan Sunnah diatas pemahaman generasi terbaik ummat ini, dan tujuan bekerja adalah kebaikan untuk ummat dan bangsa, agar mendapat ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehingga terwujud kebaikan pribadi, keluarga, dan masyarakat.

Usaha yang perlu dilakukan adalah pembekalan ilmu agama Islam kepada insan-insan muslim. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan sebuah PESANTREN MAHASISWA.

Sasaran pesantren mahasiswa ini ditujukan kepada para mahasiswa, karena mereka memiliki peran strategis sebagai kader pendidik yang berwawasan luas, dan sebagai calon-calon pemimpin bangsa dan masyarakat di masa datang.

Pengadaan pesantren mahasiswa ini di dukung dengan semakin dekatnya tahun ajaran baru 2016/2017 yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang. Dengan hadirnya mahasiswa-mahasiswa baru, maka merupakan suatu hal yang berpotensi untuk menjaring calon-calon mahasiswa yang mengambil kuliah yang berada di Kampus Gowa. Adik-adik calon mahasiswa baru 2016 sudah mulai mencari tempat tinggal untuk satu tahun ke depan sehingga permintaan rumah tinggal bagi mereka meningkat. Peluang pesantren mahasiswa semakin besar seiring dengan keadaan ini. Oleh karena itu kesempatan ini tidak boleh disiasiakan mengingat ini merupakan potensi yang cukup besar.

Sehingga pembinaan-pembinaan terkait kebutuhan mahasiswa muslim akan terpenuhi melalui program-program yang diadakan dalam pesantren mahasiswa ini. Dengan demikian program pesantren mahasiswa ini menjawab tantangan yang telah disebutkan diatas.

Dengan ini kami mengajak kepada para muhsinin yang dermawan untuk bekerjasama dengan kami dalam pembiayaan program besar ini. Rasulullah bersabda:

“Shadaqah itu tidak akan mengurangi harta”

Profil Pesantren Mahasiswa Madrosah Sunnah

Pesantren Mahasiswa Madrosah Sunnah adalah sebuah wisma muslim yang dibangung sebagai wadah untuk mendidik mahasiswa-mahasiswa muslim terkhusus yang berdomisili di Gowa untuk mempelajari agama Islam dari dasarnya dalam pesantren mahasiswa ini, seperti tajwid, tahfidz, aqidah, fiqh, hadits, bahasa arab, manajemen Taman Pendidikan al Qur,an, dan lain-lain.

Info lebih lanjut :

  • Nomor Handphone: 081340609169
  • Fanspage facebook :

Madrasah Sunnah

Muslim Teknik UNHAS

Tujuan

  • Merintis sebuah rumah tinggal untuk mahasiswa-mahasiswa muslim untuk menuntut ilmu syar’i disamping aktivitas kuliah.
  • Membentuk kader Islam yang berakhlak, beadab serta berilmu berlandaskan Al qur’an dan Sunnah yang shahih berdasarkan pemahaman para pendahulu ummat ini.
  • Menumbuhkan karakter mahasiswa muslim yang sadar akan perannya dalam agama dan masyarakat sekitar.
  • Melahirkan alumni yang siap berkontribusi dalam pembangunan negeri dan pengembangan dakwah khususnya untuk Sulawesi Selatan, dan ummat Islam secara umum.

Target Pesantren Mahasiswa

  • Hafalan qur’an dan hafal
  • Dapat membaca kitab kuning (arab gundul).
  • Kemampuan manajemen yang baik.
  • Kemampuan Public Speaking yang baik.

(Jadi imam shalat, khatib, penceramah)

Lokasi Pesantren Mahasiswa

Jl. Poros Malino, dekat Masjid Harun Ar-Rasyiid atau dekat Masjid Nurul Fathimah, yang berada disekitar Kampus Teknik Gowa, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin. (Masih dalam konfirmasi)

Syarat dan Timeline

  1. Mahasiswa Makassar.
  2. Bersemangat menuntut ilmu syar’i.
  3. Tidak merokok.
  4. Menunaikan ibadah wajib.
  5. Mengikuti program dan aturan pesantren.
Gelombang IGelombang II
Pendaftaran12 Mei 2016 M – 4 Juni 2016 M14 Juni 2016 M – 15 Juli 2016 M
Wawancara5 Juli 2016 M – 6 Juni 2016 M
Pengumuman11 Juni 2016 M
Masuk rumah1 Agustus 2016 M

Donasi keberjalanan program Pesantren Mahasiswa Madrosah Sunnah bisa di transfer ke rekening.

BNI 1708199640 A.n Imam Mashur

Konfirmasi (sms ke 081340609169) : Nama_Paket Donasi_Jumlah Transfer

Pesantren Mahasiswa “Madrosah Sunnah

Pembina   :

  1. Al-Ustadz Bambang Abu Ubaidillah
  2. Dr. Syardar Baba, S. Pt, M, Si
  3. Andi Isran Ismail, SE
  4. Drs. Amaluddin, M, Si

Teamwork:

Madrosah Sunah Makassar

Cp : 081340609169

Pesantren Mahasiswa Madrosah Sunnah

Komentar

Silahkan komentar atau bertanya

Ditag pada:            

Madrosah Sunnah

Belajar Islam Lebih Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *